Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/02/2016, 10:27 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com — 
Tak seperti generasi muda pada tahun 2000-an yang bangga akan produk fashion luar negeri, ternyata anak muda tahun 90-an lebih bangga mengenakan busana buatan dalam negeri.

Fakta itu dikuatkan dengan pernyataan Nicko Krisna, Founder Komunitas Generasi 90-an. Dia mengatakan bahwa pada era 90-an, ada lima koleksi dan merek busana wajib di dalam lemari pakaian tiap anak muda zaman dulu tersebut.

Lima merek busana buatan lokal yang sempat menjadi tren pada tahun 90-an adalah Hammer, Osella, Arnett, Poshboy, dan CF. 

Nicko Krisna, selaku penulis buku Hiys From The 80s & 90s, sekaligus vokalis dari band NICK, mengatakan, "Mereknya hampir semua sama untuk cewek atau cowok. Produknya masih ada sampai sekarang, tetapi klimaksnya pada zaman itu (90-an)." 

"Kalau kita ngemall, nonton, atau JJS (jalan-jalan sore) pasti semua orang pakai polo shirt dengan merek-merek tersebut," ujarnya.

Menurut pantauan Kompas Female, beberapa merek yang disebut oleh Nicko memang masih bertahan dan hadir di mal-mal Ibu Kota.

Semua merek busana tersebut masih semangat bersaing dengan ritel busana raksasa dari luar negeri.

Tren cinta produk dalam negeri era tahun 90-an ini sejatinya memberi sumbangsih yang luar biasa pada industri garmen Indonesia.

Semoga saja, generasi muda pada era milenium seperti sekarang juga mulai mencintai label dan koleksi busana buatan lokal. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan perekonomian Indonesia secara merata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com