Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2016, 06:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Faktanya, sebanyak 80 persen anak muda memilih kehidupan yang bahagia sebagai pencapaian kesuksesan. Sementara itu, 20 persen di antaranya memilih memiliki empati sebagai tanda orang sukses.

Singkatnya, hati yang peduli dengan sesama dan hati yang baik menjadi hal yang paling penting untuk ditanamkan kepada anak sedari dini.

Penelitian dari Ivy League University merangkum lima cara untuk menanamkan kebaikan pada anak. Berikut uraiannya:

1. Bimbingan dari orangtua
Tim peneliti menekankan, siapapun dapat menjadi orang baik. Hal ini bermula dari hal kecil dengan melakukan berbagai pekerjaan dan tugas pada keseharian yang dibimbing oleh orangtua.

2. Perluas pergaulan dan wawasan
Anak-anak perlu mendengar dan melihat lingkungan sekitar mereka. Hal ini sangat diperlukan bagi mereka untuk menilai komunitas dan masyarakat sekitar yang lebih luas dan lebih nyata.

3. Perlu panutan yang kuat
Para peneliti berujar bahwa orangtua dan guru tidak perlu selalu menjadi sosok sempurna. Sebaliknya, orangtua dan guru seharusnya berani mengakui  saat mereka berbuat kesalahan.

4. Perasaan anak-anak perlu diarahkan
"Terkadang kemampuan anak untuk peduli dengan orang lain dikendalikan oleh amarah rasa malu, iri, atau perasaan negatif," ujar peneliti. Oleh karena itu, orang dewasa harus dapat menuntun perasaan sang anak.

Penting untuk diingat jangan memaksa kehendak Anda sebagai orangtua pada anak. Sebab, peneliti membuktikan bahwa orangtua yang memanipulasi anak menjadi sosok yang mereka inginkan, membentuk anak menjadi seseorang yang berkepribadian buruk saat dewasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com