Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pakar Imbau agar Tidur Malam tanpa Celana Dalam

Kompas.com - 19/04/2016, 20:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Mengenakan celana dalam saat tidur, menurut pakar ginekologi, Dr Alyssa Dweck, dapat menimbulkan efek negatif.

"Aku seringkali menyarankan pasienku untuk tidur tanpa mengenakan pakaian dalam," ujar Dr. Dweck secara terang-terangan.

Pernyataan tersebut, memang terbilang kontroversial karena mayoritas orang tidur mengenakan pakaian dalam.

Menurut Dweck, jika area organ intim yang terus menerus ditutupi bisa menjadi sarang bakteri atau jamur berkembang biak. 

Kondisi itu kian buruk ketika pakaian dalam yang dikenakan tak memiliki sirkulasi udara yang baik.

Selain itu, kata Dr. Dweck, mengenakan celana dalam ketika tidur membuat organintim Anda rentan terhadap infeksi yang mana disebabkan oleh pertumbuhan rambut yang tak baik dan cenderung tumbuh di lapisan dalam kulit.

Nah, jika Anda memang ingin mengenakan celana dalam saat tidur, Dr Dweck menganjurkan para wanita untuk memilih celana dalam yang tidak ketat, yakni granny pants atau celana dalam dengan model yang biasanya dikenakan oleh kaum nenek.

Pada pria, penggunaan celana dalam saat tidur menurut Dr Brian Steixner, Director of the Institute untuk Men's Health di Jersey Urology Group, dapat mempengaruhi tingkat kesuburan.

"'Daerah bawah Anda perlu suhu yang tepat untuk mengoptimalkan produksi sperma. Banyaknya bakteri membuat kecendrungan yang tinggi kulit 'di bagian bawaah' menjadi iritasi dan terinfeksi," ujar Dr. Steixner.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com