Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/04/2016, 16:31 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber SheKnows

KOMPAS.com -- Hari Bumi adalah momen tepat bagi Anda untuk mengajarkan pada si kecil betapa pentingnya melestarikan lingkungan lewat tindakan nyata.

Sedari dini, sadarkan anak betapa pentingnya menjadi generasi penerus yang menjaga  bumi senantiasa dalam kondisi baik.

Berikut kiat untuk mengajarkan anak pentingnya merawat bumi sekaligus menjalin hubungan berkualitas dengan sang buah hati di Hari Bumi:

1. Jadi panutan anak
Anda tentu sadar jika anak belajar langsung dari apa yang diperbuat oleh orangtuanya. Jadi, jangan hanya memberi nasihat pada anak, tetapi juga tunjukkan aksi untuk mencintai bumi dengan tidak menyia-nyiakan air, mematikan lampu jika tak diperlukan, melakukan daur ulang, meminimalisir penggunaan kendaraan, dan masih banyak lainnya.

2. Sadarkan jiwa cinta lingkungan pada anak
Sadarkan anak tentang keterbatasan sumber daya, kepunahan flora dan fauna, serta akibat dari hal tersebut.

Cara paling mudah adalah dengan mengajak anak menonton film bersama mengenai lingkungan, mencari sumber di internet, pergi ke kebun binatang, museum, atau taman botanika terdekat agar anak dapat bertanya langsung pada pakarnya.

3. Ajarkan anak untuk memberi kontribusi bagi bumi
Saatnya bagi Anda dan keluarga menjadi sukarelawan untuk kelestarian bumi. Kontribusi dapat dilakukan dengan kelompok kecil, seperti komunitas daur ulang, penggalangan dana untuk hewan dan lingkungan, penanaman tumbuhan obat di lingkungan tempat tinggal, atau mengumpulkan sampah daur ulang bersama komunitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SheKnows
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com