Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Sukses Jadi Penulis? Rajin-rajinlah Jalan Kaki

Kompas.com - 27/04/2016, 11:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com – Sebuah studi di Stanford University mengungkapkan bahwa kreativitas seorang penulis semakin berkembang luas dan mendalam ketika sedang berjalan kaki.

Studi ini melibatkan sejumlah mahasiswa Stanford. Peneliti meminta mereka untuk memberikan gagasan tidak biasa dan menciptakan analogi sederhana dari ide yang kompleks.

Ternyata, sebanyak 81 hingga 100 persen responden yang memberikan ide cerita dan analogi terbaik adalah mereka yang mencari inspirasi dengan bolak-balik jalan kaki.

Lalu, penelitian menemukan, cara paling efektif lainnya adalah jalan kaki, lalu duduk, untuk menuangkan semua ide dan gagasan ke halaman kosong.

Pasalnya, responden yang jalan kaki dan duduk sejenak, menyerahkan ide dan analogi yang jauh lebih baik, ketimbang mereka yang hanya berjalan-jalan atau hanya duduk di depan meja.

Kemudian, studi juga membeberkan bahwa sejumlah penulis legendaris, mulai dari Charles Dickens, Virginia Woolf, dan Henry David, diketahui lebih rajin jalan kaki ketika sedang menyelesaikan novel terbaru.

Lalu, penulis legendaris lainnya, William Wordsworth, juga dikenal sebagai penyendiri yang hobi jalan kaki, naik gunung, dan trekking.

Teman Wordsworth, seorang penulis esay, Thomas De Quincey, mengestimasi bahwa Wordsworth telah berjalan kaki sejauh 180.000 miles di Inggris.

Manfaat jalan kaki untuk mendapatkan ide cerita juga dirasakan dengan optimal oleh penulis novel Fear of Beauty, Susan Froetschel. 

Dia mengklaim diri sendiri sebagai salah satu penulis yang memiliki banyak pengalaman bahwa jalan kaki memang membuat ide mengalir lebih lancar.

“Seiring aku berjalan kaki di lingkungan sekitar rumahku, aku memikirkan soal ceritaku sembari mengobservasi segala yang terjadi di sekelilingku. Aku mengamati pohon, langit, dan cuaca,” kata Froetschel.

Lalu, Froetschel menyebutkan bahwa berjalan kaki membuatnya lebih mudah mengoleksi impresi mental untuk tokoh baru dalam novelnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com