Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Kertas Minyak Sebabkan Jerawat dan Komedo

Kompas.com - 30/05/2016, 15:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Pada dasarnya, penyebab wajah berminyak adalah karena produksi minyak di tubuh yang terlalu berlebihan. Kondisi ini banyak terlihat pada wanita yang hidup di negara tropis, seperti Indonesia.

Solusi praktis untuk meredakan minyak wajah yang menjadikan kulit mengilap adalah kertas minyak. Sebab, penggunaan kertas minyak ini biasanya untuk menghilangkan minyak pada wajah.

Namun, ternyata pengaplikasian kertas minyak pada wajah ini dianggap kurang baik oleh penata rias profesional, Endi Feng, saat menjadi tamu dan pemandu tutorial kelas kecantikan acara beauty class yang diselenggarkan Kompas.com dan situs belanja produk kecantikan, Padusee, pada hari Sabtu kemarin, di Hotel Sultan Jakarta.  

KOMPAS.COM Kelas kecantikan Make Up For Travelling

"Aku pribadi tidak suka pakai kertas minyak karena kita akan menekan-nekan kertas minyak pada wajah. Sementara sama saja itu menekan kotoran hingga masuk dalam pori-pori kita," jelas Endi.

Kertas minyak yang biasa digunakan orang-orang untuk wajah ini ternyata bisa menimbulkan masalah lainnya.

Sebab, berdasarkan cara penggunaanya saja, ketika kertas minyak digunakan pada wajah, orang-orang akan menekan-nekan kertas pada wajah. Hal ini akan menyebabkan kotoran yang ada pada wajah masuk ke dalam pori-pori, sehingga berpotensi menimbulkan jerawat dan komedo.

Endi Feng menyarankan, daripada menggunakan kertas minyak, lebih baik mengelap waja dengan menggunakan tissue dan jangan ditekan-tekan. Selanjutnya, wajah kembali dipulas dengan bedak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com