Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2016, 14:55 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber bustle.com

KOMPAS.com -- Banyak hal lucu dan menarik ketika Anda bersama sahabat melakukan banyak hal, seperti saling bercerita mengenai hal yang menggembirakan atau pun hal sedih.

Namun, pernahkah Anda merasa iri dan cemburu dengan sahabat Anda, atau membandingkan diri Anda dengan sahabat?

Seorang psikolog, Nicole Martinez, Psy.D, LCPC, mengatakan bahwa banyak hal yang menjadi penyebab dalam kecemburuan, seperti kurang percaya diri, merasa ketakutan, ketergantungan, posesif, masalah kepercayaan, dan perilaku masa lalu dalam persahabatan Anda.

Pada dasarnya, kecemburuan ini terasa negatif dan mengerikan. Ini dia, beberapa hal agar Anda ikut senang ketika sahabat Anda mendapatkan kesuksesan.

1. Mengakui bahwa Anda iri atau cemburu

Jika Anda merasa iri terhadap sahabat, akui saja. Sebab merasa iri merupakan hal yang normal.

Penelitian telah menemukan bahwa menekan rasa cemburu itu sangat tidak efektif dan bisa meningkatkan frekuensi dari tekanan tersebut.

2. Kebahagiaan itu tidak menyakiti Anda

Mungkin benar adanya bahwa hidup di dunia ini tergolong kompetitif. Namun, ingat ini adalah kebahagiaan sahabat Anda, dan tidak menutup kemungkinan bahwa Anda pun akan berbahagia.

3. Lihat sumber utama dari rasa iri atau cemburu ini

Memang banyak sumber-sumber dari rasa iri atau cemburu, tapi Anda harus mencari tahu. Cari alasan mengapa Anda memiliki perasaan ini. Mengapa rasa ini malah timbul terhadap sahabat Anda?

4. Jadikan sahabat Anda sebagai inspirasi

Daripada Anda terus memikirkan dan membandingkan diri Anda dengan sang sahabat, atau selalu berpikir negatif terhadap sahabat, lebih baik anggap sahabat menjadi inspirasi untuk Anda.

Anda bisa memulai dari pekerjaannya, atau jika mereka sekedar berjalan-jalan, jadikan mereka panutan wisata Anda.

5. Menghargai situasi dan bekerja sama dengan sahabat Anda

Jangan selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Siapa tahu ternyata Anda lebih beruntung. Fokuslah pada diri sendiri dan biarkan kecemburuan tersebut menjadi penyemangat yang positif untuk Anda.

Selain itu, alangkah baiknya bila Anda dapat terus bersikap akur dengan sahabat Anda, saling mendukung, dan menjadi tim yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber bustle.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com