Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2016, 14:35 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com — Tanpa disadari, hubungan pertemanan ternyata berpengaruh besar terhadap kehidupan kita. Dalam beberapa hal, teman bahkan lebih berpengaruh daripada keluarga.

Mereka membantu kita dalam pengembangan diri, membentuk tujuan dan impian kita, dan mendorong kita untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Namun, membuat dan memelihara persahabatan pada usia dewasa bisa jadi lebih sulit.

Jika bisa bertekad dan berusaha, Anda bisa membangun pertemanan yang membantu Anda untuk berkembang. Ini dia, empat cara agar persahabatan tetap terjaga.

1. Anggap hal ini sebagai masalah kesehatan

Persahabatan yang solid sangat penting untuk kesehatan fisik. Sebab, dukungan dari sahabat dapat membantu sistem kekebalan dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah. Secara emosional pun, ini dapat mengurangi risiko gangguan depresi dan penyalahgunaan narkotik.

2. Terima adanya transisi

Menjaga pertemanan memang sulit bila Anda tidak memiliki kedekatan otomatis seperti masa sekolah. Namun, ini adalah gejala umum ketika transisi kehidupan menggeser hubungan pertemanan Anda. Anda akan menjadi orang yang lebih baik dalam berteman bila Anda bisa menerima adanya transisi secara lapang dada.

3. Jangan terperangkap teknologi, raihlah kualitas.

Teknologi membuat kita menjadi lebih mudah ketika berkomunikasi, tetapi secara tidak langsung. Namun, Anda harus ingat untuk tidak hanya berkomunikasi melalui media sosial. Pergilah keluar untuk membuat koneksi dan beberapa persahabatan yang nyata. Lebih baik Anda bertemu langsung, duduk, dan mengobrol bersama tanpa adanya gangguan dari ponsel.

4. Ingat hal-hal kecil

Bila Anda tidak bisa melakukan hal-hal besar untuk teman Anda, fokuslah pada hal-hal yang lebih kecil. Jika Anda lupa ulang tahun teman Anda, jangan biarkan hal tersebut menghentikan Anda untuk memberinya surat permintaan maaf atau membelikan teman Anda permen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com