Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transportasi Umum London Larang Iklan yang Menurunkan Citra Diri Wanita

Kompas.com - 16/06/2016, 20:04 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

 

KOMPAS.COM -- Walikota London, Sadiq Khan, terus membuat perubahan di kotanya. Kali ini, dia melarang iklan yang mempromosikan citra diri yang tidak realistis atau tidak sehat di transportasi umum.

Gerakan ini mengikuti iklan ‘Are You Beach Body Ready?’ yang kontroversial tahun lalu. Walaupun menyebabkan kemarahan dari berbagai advokat citra diri yang positif, badan standar periklanan Inggris menyatakan iklan yang menjual suplemen untuk menurunkan berat badan tersebut tidak menyinggung.

Diumumkan Senin kemarin (13/6/2016), kebijakan ini berusaha untuk untuk melindungi wanita Inggris dari pengaruh buruk iklan yang menjatuhkan citra diri.

Khan sendiri memiliki dua putri remaja dan khawatir akan pengaruh iklan-iklan tersebut yang membuat wanita tidak percaya diri. Dia berkata, “ini adalah waktu untuk mengakhiri hal ini.”

“Tidak ada seorang pun yang harus merasa tertekan, ketika menggunakan Tube (kereta cepat) atau bus, karena ekspektasi yang tidak realistis mengenai tubuh mereka dan aku ingin memberi pesan yang jelas kepada industri periklanan mengenai hal ini,” ujarnya dalam siaran pers.

Kebijakan ini juga dinilai sangat penting karena adanya perbedaan antara iklan di transportasi umum dengan iklan di televisi, online dan cetak.

Graeme Craig, Commercial Development Director untuk transportasi umum London, mengatakan, “Pelanggan kami tidak bisa sekadar mematikan atau mengganti halaman jika sebuah iklan menyinggung atau membuat mereka marah, dan kita memiliki tugas untuk memastikan agar transportasi umum London mencerminkan lingkungan yang unik tersebut.”

“Kita ingin mendorong iklan-iklan yang luar biasa, yang melibatkan banyak orang, dan meningkatkan jaringan transportasi,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com