Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Anak Lebih Mandiri? Ajarkan Ini Sebelum Usia 15 Tahun

Kompas.com - 13/07/2016, 20:06 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber BOLDSKY

 

KOMPAS.com – Tanpa disadari anak terus tumbuh dalam waktu yang cepat. Kini adalah saatnya bagi orangtua mempersiapkan diri untuk mengajari beragam hal kepada sang anak untuk bekalnya kelak nanti.

Sebab, walaupun sekarang Anda bisa membantu, tetapi ketika anak harus memasuki masyarakat luas, dia harus bisa bertahan dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Tidak hanya mengajari mereka dalam hal pendidikan, akan tetapi Anda harus melakukan beberapa hal di bawah ini sebelum mereka berusia 15 tahun.

1. Pekerjaan rumah tangga

Walaupun Anda memiliki pembantu di rumah, tidak ada salahnya untuk mengajarkan anak keterampilan rumah tangga seperti memasak, mencuci piring dan pakaian, membersihkan rumah, menyapu, dan pekerjaan rumah lainnya.

2. Perlindungan diri

Ajarkan mereka untuk melindungi diri mereka sendiri kala menghadapi orang asing.

3. Akibat seks bebas

Anak yang akan memasuki usia remaja sebaiknya diberikan pengetahuan seks, sehingga mereka tahu risiko dari berhubungan seks bebas.

4. Pertolongan pertama

Ini juga penting untuk diajarkan pada anak. Pertolongan pertama ini bisa berguna ketika mereka jauh dari orangtua. Setidaknya mereka bisa mengobati luka sendiri atau pun orang lain di sekitarnya.

5. Ajarkan manajemen keuangan dasar

Sangat penting untuk mengajarkan anak menabung sejak dini, sehingga anak pun paham akan nilai uang agar mereka tidak menjadi boros.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com