Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Penting Dilakukan oleh Ibu yang Baru Bersalin

Kompas.com - 15/07/2016, 15:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber SELF

 

KOMPAS.com – Ketika Anda sudah melahirkan, Anda akan menjadi seorang ibu dan menikmati waktu bersama bayi Anda. Akan tetapi, bisanya wanita akan mengalami periode postpartum atau depresi setelah melahirkan.

"Periode postpartum adalah waktu yang paling jarang dibicarakan dari suatu siklus kehamilan, namun periode inilah yang paling menantang secara hormonal, fisik, dan emosional," kata Sherry Ross, dokter kandungan di Providence Saint John’s Health Center, Santa Monica.

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diketahui oleh ibu baru untuk menangani depresi setelah melahirkan:

1. Makan yang cukup

Jika Anda kurang nutrisi ini akan membuat Anda lemah dan tidak memiliki energi. Sebab, saat Anda menyusui, bayi akan makan makanan yang sama seperti dengan Anda. Oleh karena itu, jika Anda tidak makan maka bayi pun tidak mendapatkan nutrisi.

2. Tetap mengonsumsi vitamin

"Banyak wanita berpikir bahwa setelah mereka memiliki bayi, mereka tidak perlu terus mengonsumsi vitamin prenatal," kata Ross.

Namun rupanya tidak begitu. "Jika Anda menyusui, tubuh Anda membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral daripada selama kehamilan Anda," jelasnya.

3. Batasi kunjungan dan perbanyak tidur

Jika banyak teman dan sanak saudara yang menjenguk, sebaiknya dibatasi. Tetap jaga waktu tidur sehingga energi Anda tidak terlalu terkuras. Anda juga perlu membiasakan bayi untuk tidur dengan waktu yang terjadwal.

4. Bersabar dengan menyusui

Memang sulit untuk membiasakan diri dengan menyusui. Rasa sakit akibat lecet, kram, dan nyeri akan terasa. Menyusui sang bayi memang membutuhkan perjuangan yang besar, tetapi Anda harus tetap bersabar.

5. Senam otot

Setelah melahirkan, rasanya sangat malas untuk berolahraga. Namun, Anda perlu setidaknya berjalan selama 20-30 menit sehari. Sebab, kehamilan dan persalinan dapat melemahkan otot panggul. Maka menurut Ross, senam kegel merupakan cara yang efektif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SELF
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com