Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2016, 20:41 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Bagaimana kehidupan seksual Anda dan pasangan akhir-akhir ini? Apakah Anda masih rajin bercinta seperti awal pernikahan atau gairah tersebut telah pudar karena kesibukkan bekerja dan mengurus rumah tangga?

Banyak orang beranggapan bahwa seiring jalannya waktu, berkurangnya hubungan seksual dalam pernikahan adalah sesuatu yang normal. Namun, nyatanya banyak pasangan yang merasa tidak puas dengan kondisi ini tetapi tidak tahu cara membalikkannya.

Berikut ini adalah lima cara untuk mengobarkan kembali gairah Anda dan pasangan:

1. Kenali alasan Anda berhenti berhubungan seks

Sebelum mencari solusinya, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui penyebabnya. “Sayangnya, banyak pasangan yang tidak nyaman untuk berbicara tentang seks,” ucap Erica Marchand, seorang psikolog dari Los Angeles.

Namun, hal ini wajib dilakukan. Seperti yang dikatakan oleh seorang psikolog dan terapis seks, Kristin Zeising, setelah Anda menyelesaikan masalahnya, barulah hubungan Anda mempunyai ruang untuk kembali seksual.

2. Berhenti membuat alasan

Mungkin lelah atau terlalu sibuk adalah alasan yang normal, tetapi bila Anda ingin kembali berhubungan seksual dengan pasangan, alasan-alasan tersebut juga harus dihentikan.

Shannon Chavez, seorang psikolog dan terapis seks dari Los Angeles, menegaskan, berhenti membuat alasan untuk tidak berhubungan seks dengan pasangan.

“Anda harus mulai dulu dari hal-hal kecil karena nafsu tidak mulai pada laju yang cepat. Mungkin dulunya demikian, akan tetapi secara umum, nafsu adalah respon bukan spontanitas,” tuturnya.

3. Tetapkan tanggal untuk bercinta

Anda mungkin menganggap hal ini sebagai sesuatu yang sama sekali tidak seksi. Namun, memulai dengan membuat janji bercinta akan berujung pada kehidupan seksual yang lebih natural dan tanpa kalender.

“Semua pasienku benci membuat kalender untuk bercinta. Akan tetapi, kenyataannya dengan seluruh kesibukan yang terjadi dalam hidup, sangat jarang ada kesempatan untuk bercinta secara spontan,” ungkap Marchand.

4. Buat pasangan Anda merasa spesial di luar kamar

“Sebagian dari nafsu seksual adalah merasa diinginkan,” kata Chavez. Oleh karena itu, tunjukkan bahwa Anda juga menginginkan pasangan sepanjang hari dengan mengirimkan pesan singkat atau memeluknya dari belakang saat menonton televisi.

Chavez menambahkan, dalam pernikahan tanpa seks, seringkali pasangan memiliki masalah berkomunikasi atau salah paham.

5. Ingat bahwa hubungan seksual seharusnya tanpa beban

“Karena televisi dan film, banyak pasangan yang memiliki bayangan yang berlebihan mengenai seks,” ungkap Tina B Tessina, seorang psikoterapis dan penulis buku Money, Sex, And Kids: Stop Fighting About The Three Things That Can Ruin Your Marriage.

Mungkin bayangan Anda, seperti kencan yang romantis atau perilaku seksual yang lebih liar, berlaku pada awal pernikahan. Namun, Anda harus melepaskan semua bayangan itu dan menerima bahwa hubungan seksual sebenarnya tidak perlu banyak perhitungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com