Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2016, 10:35 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com — Ketika melihat promosi produk perawatan wajah beli satu gratis satu, apakah Anda tidak bisa menahan diri?

Anda tidak sendirian dalam hal ini. Sebab, banyak wanita membeli produk dalam jumlah banyak atau ukuran besar untuk menghemat pengeluaran.

Namun, kadang kala strategi penghematan ini tidak baik untuk dilakukan karena produk perawatan wajah juga bisa kedaluwarsa.

Tata Harper, pendiri dan pemilik merek produk kecantikan bernama sama, berkata kepada Popsugar bahwa sering kali waktu kedaluwarsa ini lebih cepat dari yang dibayangkan.

"Setiap formula berbeda-beda, tetapi semua produk mengalami penurunan kualitas seiring berjalannya waktu," tulis Harper dalam pesan elektroniknya kepada situs mode tersebut.

Harper menjelaskan, di Amerika, hanya produk yang diregulasi oleh Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA), seperti tabir surya dan beberapa produk untuk jerawat, yang perlu disertai tanggal kedaluwarsa.

Sementara itu, kebanyakan produk lainnya, seperti pelembab, serum, masker, dan pembersih wajah, hanya disertai rekomendasi jangka waktu penggunaan setelah dibuka.

Padahal, produk perawatan wajah juga akan kedaluwarsa walaupun tidak dibuka.

Harper juga menambahkan, waktu kedaluwarsa sebuah produk bergantung pada formula serta cara menyimpan dan menggunakan produk.

"Waktu dan paparan udara, matahari, atau panas dapat menyebabkan bahan aktif yang bekerja memberikan Anda hasil yang kurang efektif," ucap Harper.

Harper melanjutkan, dia sendiri tidak suka memakai produk apa pun yang sudah lebih dari setahun digunakan untuk kulitnya.

"Hal ini juga menjadi alasan bagi kita untuk mengelompokkan produk setiap bulan. Kami ingin produk yang dipajang di toko adalah yang paling baru dan segar karena mereka yang paling efekif," tuturnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com