Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2016, 14:06 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber SELF

 

KOMPAS.com -- Mengetahui dan mengenal orang-orang yang akan bekerja bersama Anda akan mempermudah langkah Anda dalam mengejar karir yang diinginkan.

Bagaimanakah caranya untuk membangun koneksi tanpa kebohongan?

Seorang jurnalis andal, Hillary Sawchuk, memiliki keahlian untuk membujuk para pemimpin industri agar bicara jujur dengannya. Dia mengatakan bahwa sikap positif adalah kuncinya.

1. Mulai dari cara yang sederhana

Untuk memperjauh hubungan Anda dengan koneksi, ajak orang tersebut untuk minum kopi. Namun, usahakan untuk mengajaknya sambil bertatap muka. Sebab, menurut Sawchuk, tidak ada yang bisa menggantikan interaksi manusia.

“Bahasa tubuh sangatlah penting. Dengan berbicara langsung, Anda membangun hubungan yang lebih dalam dan meninggalkan lebih banyak kesan,” katanya.

Biarkan orang tersebut memilih tempat yang nyaman dan lakukan perkenalan singkat terlebih dahulu melalui pesan elektronik bila belum pernah bertemu sebelumnya.

2. Persiapkan segala sesuatunya dengan matang

Ketahui orang tersebut sebisa mungkin melalui media sosial. Mempersiapkan diri sebelumnya akan membuat Anda lebih percaya diri dalam memecahkan kecanggungan.

3. Membangun kepercayaan

Memang sangat penting untuk mengetahui apa yang Anda inginkan. Namun, mendengarkan akan lebih baik sebelum mengejar agenda Anda.

“Minat yang tulus dalam diri orang lain akan jelas, dan itu bisa mengubah pertemuan pertama menjadi persahabatan yang terus berlangsung,” kata Sawchuk.

Untuk itu, biarkan orang tersebut mempercayai Anda dan jangan biarkan kepercayaan itu hilang begitu saja nantinya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com