Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2016, 18:36 WIB
Reza Pahlevi

Penulis

KOMPAS.com – Nyam, nyam, yummy, begitulah kesan ketika pasta cavatelli lumer di mulut. Rasanya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Kombinasi pasta lembut serta saus carbonara menyatu cepat dengan lidah, menghasilkan kelezatan saat menyantapnya.

Cavatelli adalah jenis pasta berbentuk kerang kecil yang terlihat seperti hot dog mini. Pasta jenis ini lahir dari masyarakat pedesaan, tepatnya di kawasan Italia Selatan, yaitu wilayah Abruzzo, Calabria, Molise, dan Puglia.

Mengutip laman bbcgoodfood.com, 20 kawasan yang ada di Italia masing-masing diketahui memiliki beragam bentuk pasta berbeda, mulai dari latar belakang sejarah, cara pembuatan, dan bahan baku.

Pembuatan pasta pada umumnya berbeda pula tergantung kondisi alam, iklim, serta letak geografis. Faktor sama juga mempengaruhi proses pembuatan cavatelli.

Meski demikian, cavatelli punya keistimewaan tersendiri. Di kawasan Abruzzo, misalnya, warga setempat masih mempertahankan bahan baku kuliner masa lalu untuk membuatnya. Hal ini tidak berubah walaupun menu-menu makanan baru dan modern terus bermunculan.

Maka dari itu, cita rasa cavatelli dianggap sebagai salah satu pasta paling khas dibandingkan jenis pasta lainnya. Bisa dibilang, cavateli adalah sejenis makanan “kampung” rasa kota.

Cara membuat

Jika Anda kerap berkutat dengan ide-ide untuk menu baru di restoran Anda, pasta cavatelli bisa jadi sajian menu pilihan yang menarik, dan Anda dapat mempersiapkannya dengan mudah di dapur restoran Anda.

Thinkstock.com Pasta Cavatelli

Bahan dasarnya pun ada di dalam negeri, tak perlu pergi jauh ke Italia. Caranya pun terbilang mudah dan praktis. Meski bahan dasarnya dari Indonesia, ada cara agar tidak menghilangkan cita rasa Italia dalam sajian tersebut.

Pertama, siapkan 4 gelas tepung, 1 telur, ¼ sendok teh baking powder, ½ sendok teh garam, dan air matang secukupnya. Takaran ini cukup untuk membuat sajian bagi dua orang.

Campurkan bahan baku tersebut ke dalam mangkuk ukuran sedang, kemudian aduk merata menggunakan tangan hingga 2-3 menit. Setelah adonan menggumpal dan semua bahan menyatu, bungkus menggunakan plastik dan biarkan selama 15 menit.

Untuk membentuk cavatelli, Anda memerlukan alat bernama cavatelli maker. Cara kerjanya, masukkan adonan ke dalam mesin, lalu putar tuasnya.

Sekilas, alat tersebut bekerja mirip dengan alat penggiling daging dengan tuas putar manual. Sistem mekanik alat itu menggiling dan memotong adonan menjadi potongan kecil seukuran makaroni, tetapi dengan bentuk seperti roti hot dog atau kerang berukuran mini.

Sayangnya, cavatelli maker masih jarang ditemui di Indonesia. Tapi, tenang saja, ada cara untuk membuat pasta tersebut tanpa alat khusus ini.

Caranya, Anda ratakan adonan dengan rolling pin atau alat penggiling yang terbuat dari bahan kayu panjang dan dipegang dengan dua tangan. Kemudian, potong adonan secara vertikal dengan lebar kira-kira setengah 1,4 sentimeter, lalu potong kecil-kecil.

Thinkstock.com Rolling digunakan untuk meratakan adonan
Tekan potongan kecil dengan perlahan menggunakan dua jari dan tarik ke bawah. Setelah terlihat sepertihot dog mini, masukan cavatelli ke dalam air mendidih selama 15 menit, lalu angkat dan tiriskan. Cukup mudah, bukan?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com