Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2016, 19:08 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Mengajarkan anak untuk bisa berenang sepertinya merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Sebab, berenang ini merupakan salah satu bentuk perlindungan diri anak saat mereka berada di dalam air.

Seperti yang diungkapkan oleh Instruktur dari The International Swimming Academy, Miguel Jerez, anak-anak bisa berenang dan mengapung tanpa kacamata renang, pakaian, dan sepatu sejak usia enam bulan.

Miguel dan Silvia yang juga seorang instruktur renang asal Spanyol telah mengajar lebih dari 100 anak-anak untuk dapat berenang sejak usia enam bulan.

Pembelajaran untuk mahir berenang ini bertujuan agar mereka bisa terampil dalam bertahan hidup.

Anak-anak diajarkan berenang dengan cara dilemparkan ke kolam renang, dan mereka akan mencoba bertahan dengan cara mengapung di air.

“Balita akan belajar untuk mengontrol napas, dan mengatur postur tubuh dengan memutar punggung, agar mereka bisa mengapung seperti bintang laut dan berenang seperti lumba-lumba,” kata Silvia.

Setelah balita mahir dengan metode tersebut, instruktur juga akan mengajarkan mereka untuk menjadi perenang yang dapat independen untuk hidup.

Miguel juga menjelaskan, mungkin rekaman video yang ada tampak ekstrim. Akan tetapi, berlatih renang ini sama pentingnya seperti mengajarkan anak untuk berjalan kaki atau pun bersepeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com