Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Daya Tarik Utama Pria untuk Hubungan Jangka Panjang

Kompas.com - 20/09/2016, 21:38 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com — Menghadirkan rasa tertarik dan suka terhadap seseorang memang cenderung subyektif. Pasalnya, tidak semua orang memiliki pemikiran dan pertimbangan yang sama.

Kondisi ini juga terjadi pada memilih pasangan yang cocok. Selain karakter dan kebiasaan, faktor penampilan juga berperan penting dalam menciptakan daya tarik.

Nah, menurut penelitian terbaru, wanita lebih tertarik dengan pria berjenggot untuk menjalin hubungan jangka panjang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenggot memiliki hubungan yang cukup lekat dengan tingkat maskulin pria dan bisa menjadi daya tarik yang tinggi.


Barnaby Dixson dari University of Queensland di Australia dan beberapa rekannya melakukan percobaan kepada seorang pria, dengan menggunakan grafis komputer lewat beberapa pilihan gaya, mulai dari yang wajah dicukur bersih, sedikit berkumis, berkumis tebal, dan memiliki jenggot tebal.

Kemudian, peneliti juga menambahkan perbedaan di alis, tulang pipi, rahang, dan fitur lainnya sehingga orang yang sama terlihat lebih atau kurang maskulin.


Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pria dengan kumis tipis dinilai sebagai pria yang paling menarik dan mendapat peringkat tertinggi untuk hubungan jangka pendek.

Sementara itu, pria dengan jenggot tebal dinilai lebih menarik untuk hubungan jangka panjang.

Pria dengan tampilan yang terlalu maskulin dan terlalu feminin dinilai tidak menarik, terlepas dari konteks hubungan tersebut.  

Studi ini dipublikasikan dalam Journal of Evolutionary Biology.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com