Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2016, 16:09 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Di era yang didominasi oleh internet ini, kebanyakan anak-anak dengan kedua orangtua yang sibuk terbiasa menghibur diri dengan tablet, ponsel pintar, atau menonton televisi.

Mereka menjadi tergantung pada gadget dan mengeluh bosan ketika tidak bisa melakukannya.

Untuk itu, orang tua perlu memberikan kegiatan yang dapat menghibur anak sehingga mereka tidak bosan walaupun tanpa gadget. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan oleh orang tua:

1. Berikan permainan baru

Anda dapat mengenalkan suatu hal yang baru kepada mereka. Angela Hanscom, seorang terapis anak dan pendiri TimberNook, merekomendasikan permainan tradisional yang dilakukan di luar seperti petak umpet.

"Dengan hanya mengubah lingkungan, permainan bisa membuat anak-anak berpikir dengan cara baru dan mendorong keterampilan bermain lebih berkembang," kata Hanscom.

2. Membuat prioritas yang menyenangkan

Saat Anda mengajarkan anak untuk berolahraga, ingat bahwa tujuannya bukanlah untuk memenangkan olimpiade, tetapi untuk bergerak, bersenang-senang, dan merasa bahagia saat melakukannya.

"Dorong anak Anda untuk tidak memikirkan olahraga dan menganggapnya hanya sebagai gerakan, hal ini dapat mencakup banyak kegiatan yang menyenangkan seperti berjalan-jalan ke taman atau bermain lempar-lemparan,” kata psikolog Eliza Kingsford.

3. Izinkan mereka untuk mengeluhkan rasa bosan yang dirasakan

Saat mereka mengeluh bosan, sebaiknya jangan dimarahi. Menurut psikolog Vanessa Lapointe, percayalah bahwa anak-anak membutuhkan waktu dan ruang untuk bersenang-senang dan merasa bosan. Bahkan, rasa bosan ini bisa bermanfaat untuk anak.

"Rasa bosan sangatlah penting untuk menumbuhkan enerji dari dalam yang muncul untuk membuat seseorang menciptakan, bergerak, dan menjadi sesuatu yang lain," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com