Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2016, 19:05 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com -- Mencuci wajah adalah hal mendasar yang sangat mudah dilakukan untuk merawat kulit wajah. Cara yang awam untuk dilakukan adalah dengan menggosok wajah menggunakan sabun cuci muka, bilas, dan keringkan.

Namun, menurut beberapa ahli kecantikan, jika Anda menginginkan kulit wajah yang benar-benar bersih dan berkilau, perawatan wajah tidak boleh biasa saja.

1. Jangan abaikan garis rambut

“Kadang para wanita menggunakan pembersih wajah yang tidak merata di area garis rambut karena mereka tidak ingin riasan rambutnya berantakan.” kata Francesa Fusco, MD seorang dermatolog di Wexler Dermatology, New York.

Dia melanjutkan, akan tetapi, justru area tersebut yang rawan dengan jerawat jika tidak dibersihkan dengan seksama,

Gunakan bandana untuk melindungi pinggiran garis rambut dan pastikan untuk melakukan pijatan ringan di sekitarnya.

2. Gunakan suhu air yang tepat

Ketika kulit wajah terasa kurang bersih, jangan terburu-buru menyalahkan sabun pembersih wajah. Sebab, kesalahan mungkin terjadi dari cara kita membilasnya.

“Gunakan air hangat untuk membilas kulit wajah Anda. Air panas bisa membuat kulit  anda kering, sedangkan air dingin tidak dapat mengangkat kotoran dengan maksimal,” ujar Debra Luftman, MD, dermatolog di Calabass, California.

3. Lakukan  pijat dengan perlahan

Untuk hasil yang terbaik, gunakan pembersih wajah ke seluruh kulit wajah dengan gerakan pijat memutar menggunakan ujung jari Anda, mulai dari hidung sampai ke ujung garis rambut.

4. Bilas dengan cara yang benar

“Saat membilas, gosok perlahan menggunakan ujung jari Anda pada area dimana busa menumpuk, biasanya di area sisi hidung, alis dan area di dekat garis rambut,” ucap Dr Fusco.

Dia menambahkan, jika Anda pikir cukup membilas satu kali saja, bilas lagi, kalau perlu sampai tiga kali, agar benar-benar bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com