Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Remaja Perempuan Sering Pakai "Make Up"?

Kompas.com - 25/09/2016, 11:00 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Sekarang, mengaplikasikan kosmetik sebagai riasan wajah tak hanya terjadi pada wanita dewasa remaja, tetapi sudah menjadi gaya hidup kalangan remaja perempuan.

Menurut dr. Indah Widyasari, SpKK, ternyata kebiasaan merias wajah pada remaja  sulit dihindari akibat berkembangnya informasi melalui iklan, media sosial, dan juga tren gaya hidup.

“Nah, tapi kembali lagi kepada tipe kulitnya, apakah berminyak, kering, atau cenderung normal,” ujarnya dalam acara peluncuran produk terbaru Clean & Clear Natural Bright Face Wash, di Jakarta, Sabtu (24/9/2016) kemarin.

Dia melanjutkan, jika remaja tersebut memiliki tipe kulit yang berminyak, dia menyarankan,  untuk tidak lupa membersihkan wajah dan hindari penggunaan kosmetik seperti bedak padat. 

Dia menyarankan agar remaja dengan tipe kulit berminyak menggunakan bedak tabur.

“Penggunaan bedak padat ini akan menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat dan komedo,” imbuhnya.

Remaja yang hobi menggunakan kosmetik wajah, kata dr Indah, sebaiknya sering membersihkan wajah dan jangan biarakan riasan menempel terlalu lama.

Selain itu juga, ketika membersihkan wajah dari kosmetik, bersihkan dengan lembut, jangan terlalu kencang digosok.

Umumnya, remaja memiliki tipe kulit yang sensitif. Jadi, dr Indah menganjurkan untuk  menggunakan riasan yang aman dan terbuat dari kandungan ringan.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com