Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tontonan Televisi Bisa Jadikan Cinta Lebih Kuat, Mengapa?

Kompas.com - 25/09/2016, 16:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

Sumber Teen Vogue

KOMPAS.com – Hubungan langgeng bukan karena hadiah mahal dan janji manis membuai hati, tetapi hal-hal sederhana yang menguatkan cinta, seperti misalnya, menonton televisi bersama pasangan.

Studi yang dipublikasikan Journal of Social and Personal Relationships, mengungkapkan bahwa berbagi tontonan favorit di televisi bersama pasangan, dapat menguatkan dan melanggengkan hubungan asmara.

Menurut studi, pasangan yang tidak memiliki banyak teman mutual, bisa saling mengenal lewat kegiatan nonton bareng acara televisi.

Teori ini bisa jadi relevan untuk pasangan yang bertemu lewat aplikasi kencan. Umumnya, pasangan yang demikian tidak mempunyai lingkungan pertemanan yang sama atau setidaknya dekat satu sama lain.

Sebab, memiliki banyak teman yang sama dengan pasangan, memberikan pengaruh siginifikan pada keharmonisan sebuah hubungan.

Jadi, menonton televisi bersama bisa menggantikan tidak adanya teman mutual tersebut demi hubungan terus langgeng.

Studi ini mempelajari 259 pelajar yang tengah menjalani hubungan serius lebih dari enam bulan.

Pada eksperimen terpisah, peneliti menemukan bahwa pasangan yang berbagi teman dan tontonan televisi, mereka lebih harmonis dan saling menghargai.

Artinya, pasangan yang berbagi dunia, baik nyata atau fiksi, hubungan asmara mereka lebih tahan banting dan romantis.

Temuan ini tak berarti Anda harus menyukai acara televisi pasangan yang menurut Anda tidak menarik dan membosankan. Namun, Anda bisa menemaninya menonton di rumah.

Kebersamaan tersebut, menurut studi, memberikan banyak manfaat positif pada pasangan yang berniat menjalani hubungan jangka panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Teen Vogue
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com