Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Bertengkar tentang Seks? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 30/09/2016, 20:10 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Hubungan yang sehat bukanlah hubungan yang selalu mulus tanpa pertengkaran dan argumen. Namun, bila Anda terus-terusan bertengkar dengan suami mengenai hal yang sama, mungkin hal ini perlu diselidiki lebih lanjut.

Kimberly Moffitt, PhD, seorang pakar hubungan dari Toronto, Kanada, mengungkapkan tiga topik pertengkaran yang paling umum di antara suami istri. Berikut uraiannya:

1. Uang

Bertengkar mengenai uang bisa menandakan bahwa Anda dan pasangan memiliki pandangan hidup yang berbeda.

“Dalam pengalamanku, banyak orang berpikir bahwa mereka bertengkar karena kekurangan uang. Namun, sebagian besar ternyata dikarenakan oleh perbedaan nilai dan prioritas dalam hidup,” ucap Moffitt.

Jane Greer, PhD, penulis What About Me?, menyarankan pasangan yang sering bertengkar mengenai uang untuk membicarakan impian masa depan bersama-sama. Dari sana, Anda akan belajar untuk berkompromi dan menerima tujuan hidup satu sama lain.

2. Keluarga

Greer berkata bahwa ketika mempermasalahkan keluarga, masalah sebenarnya ada pada diri Anda yang merasa tidak dihargai dalam hubungan.

Sebagai contoh adalah ketika Anda mengomel bahwa mertua terlalu sering berkunjung. Hal ini bisa disebabkan karena Anda merasa dinomorduakan oleh dia.

Menurut Greer, solusi untuk permasalahan ini adalah menyetujui untuk tidak memutuskan sendiri hal-hal yang berhubungan dengan keluarga. Lalu, minta pasangan untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama Anda.

3. Seks

“Bertengkar mengenai seks, yang terlalu banyak maupun terlalu sedikit, bisa memengaruhi koneksi fisik dan emosi antara Anda dan pasangan,” tutur Moffitt.

Sering kali hal ini disebabkan kurangnya komunikasi secara umum mengenai apa yang Anda harapkan dari pasangan di tempat tidur.

Moffitt menyarankan Anda dan pasangan untuk membicarakan permasalahan ini dalam keadaan berpakaian. Jangan hanya mengungkit masalah tersebut ketika sudah akan berhubungan seks.

Pastikan juga untuk memberikan ulasan setidaknya sebulan sekali mengenai hubungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com