Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Menyenangkan, Ciuman Juga Bisa Bakar Kalori

Kompas.com - 15/10/2016, 11:37 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com -- Berciuman adalah tanda cinta dalam sebuah hubungan. Namun, tahukah Anda kalau berciuman bukan hanya bentuk ungkapan kasih sayang, tetapi juga mempunyai keuntungan lain untuk kesehatan?

Simak beberapa manfaat lain dari berciuman dengan pasangan Anda.

Berciuman bisa meningkatkan kekebalan tubuh

Sebuah studi yang baru saja dilakukan dalam jurnal Medical Hypotheses mengatakan bahwa berciuman dapat meningkatkan imunitas wanita dari Cytomegalovirus.

Cytomegalovirus disalurkan dari hubungan mulut ke mulut dan bisa menyebabkan kebutaan atau cacat lahir pada bayi saat sang ibu mengandung.

Dengan berciuman, Anda bisa menghalangi virus dan memperkuat imunitas tubuh.

Berciuman bisa menentukan pasangan yang terbaik untuk Anda

Peneliti lain meneliti bahwa berciuman adalah cara biologi untuk menyeleksi dan menentukan siapa yang paling cocok dan kompatibel untuk menjadi pasangan Anda.

“Saat berciuman, ada mekanisme yang penting untuk kesehatan, reproduksi dan genetik” kata Gordon G. Gallup Jr., seorang profesor psikologi evolusioner di University of New York di Albany yang mempelajari reproduksi kompetisi dan biologi atraksi interpersonal.

Oleh karena itu, apa yang terjadi pada ciuman pertama bisa menjadi penentu, apakah Anda bisa melangkah ke tahapan yang lebih serius atau cukup sampai di situ saja.

Berciuman membakar kalori

Menurut beberapa penelitian, ciuman dapat membakar dua sampai enam kalori per menit.

Memang hal ini tidak membakar kalori sebanyak kalau Anda melakukan jogging di treadmill, tetapi setidaknya dapat membakar secuil cokelat atau segelas minuman bersoda bila dilakukan cukup lama.

Berciuman bisa membuat otot di wajah kencang

Bagi wanita, yang paling utama memang mengencangkan otot pada perut atau paha agar terbebas dari selulit, tetapi jangan meremehkan latihan mulut yang Anda dapat ketika sedang berciuman.

Menurut penelitian, berciuman menggunakan setidaknya 30 otot yang dapat menjaga pipi Anda tetap kencang.

Berciuman bisa membuat Anda lebih santai dan rileks

Sebuah penelitian mengatakan bahwa ciuman bisa meningkatkan kadar oksitosin yang dapat menenangkan tubuh dan juga meningkatkan endorphin yang membuat badan terasa lebih baik.

Proses bertukarnya air ludah juga dapat meningkatkan dopamin yang membuat Anda merasa romantis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com