Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/10/2016, 15:33 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Glamour

KOMPAS.com -- Dalam kondisi ekonomi yang sulit, tidak sedikit perusahaan yang menghadapi resesi dan harus melakukan efisiensi berupa pengurangan jumlah pegawai.

Oleh karena itu, Anda harus selalu siap untuk menghadapi hal paling buruk yang akan terjadi. Bukan bermaksud untuk menakuti, tetapi hal ini justru untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi.

Vicki Salemi, seorang pakar dalam bidang karier mengatakan, tidak ada yang salah dengan berhati-hati sebelum terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Walaupun Anda termasuk dalam golongan yang “aman”, tetapi Anda tidak pernah tahu tentang keputusan manajemen.

Perbaharui resume Anda

Banyak orang yang tidak memperbaharui resume karena dirasa belum perlu. Namun, hal ini sangat baik dilakukan untuk mengantisipasi hal terburuk yang akan terjadi.

Perluas Jaringan Anda

Tidak pernah salah untuk selalu memperluas jaringan bisnis Anda. Mungkin saja Anda tidak sengaja bertemu dengan teman sekolah atau pun rekan kerja di kantor yang sebelumnya.

Beberapa media sosial berbasis bisnis seperti LinkedIn atau media sosial lainnya juga bisa memberikan Anda kesempatan mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik. Oleh karena itu, selalu perbaharui profil media sosial Anda dan perluas jaringan bisnis.

Ketahui nilai Anda

Untuk menghadapi PHK, Anda harus mengetahui nilai Anda. Anda bisa mencari tahu kisaran gaji di posisi Anda saat ini kepada rekan-rekan kerja sebelumnya. Anda tidak perlu tahu nominal persisnya, hanya kisaran yang sebaiknya Anda dapatkan untuk posisi saat ini.

Terakhir, kalau Anda mengalami PHK, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menarik nafas panjang dan berpikir positif.

Anda tidak pernah tahu hal besar apa yang akan menanti, jadi jangan berkecil hati, coba terima keadaan yang ada dan segera melangkah menuju masa depan yang lebih cerah lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com