Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/10/2016, 17:05 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber bustle.com

KOMPAS.com -- Belakangan ini, kita sering kali melihat banyak tips kecantikan yang bisa dikerjakan sendiri di rumah, mulai dari menghilangkan jerawat, mengecilkan pori-pori, hingga membuat kulit wajah Anda terlihat lebih cerah.

Namun, Anda harus memastikan bahwa tips tersebut memang aman untuk kulit wajah. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari hanya untuk menghemat uang.

Sebaiknya. hindari beberapa bahan di bawah ini untuk digunakan di kulit wajah Anda:

Baking Soda

Sebaiknya jangan menggunakan baking soda untuk kulit wajah Anda. Sebab, baking soda memiliki tingkat keasaman (pH) yang dapat merusak tubuh Anda.

Baking soda dapat menghilangkan asam yang ada di kulit Anda dan bisa menimbulkan infeksi, tutur Dr Janet H Prystowsky.

Jus lemon

Pikir beberapa kali sebelum Anda menggunakan jus lemon untuk mencerahkan noda hitam di kulit wajah. Jus lemon memiliki pH yang sangat rendah dan dapat membakar kulit Anda, tambah Dr Prystowsky

Pasta gigi

Pasta gigi memang tidak seharusnya digunakan pada wajah, walaupun Anda pernah mendengar dari beberapa orang bahwa pasta gigi bisa membantu mengatasi jerawat.

Namun, sebaiknya Anda tidak pernah menggunakannya, karena bisa menyebabkan iritasi dan bekas yang tidak diinginkan.

Gula

Seperti halnya baking soda, menggunakan gula di kulit wajah bisa menjadi bencana untuk kulit Anda. Walaupun sangat mungil, gula memiliki kristal tajam yang dapat melukai sel-sel kulit dan menyebabkan luka serta cedera, kata Dr Prystowsky.

Melakukan perawatan kulit sendiri di rumah memang ada baiknya, tetapi Anda harus memastikan kalau tips tersebut memang benar-benar aman untuk kulit wajah. Sebaiknya Anda tetap berkonsultasi ke dokter sebelum melakukan perawatan sendiri di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com