Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/10/2016, 17:04 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com -- Sering mengalami kesal dan kesulitan tidur saat datang bulan ternyata dialami oleh banyak wanita. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah apakah hal ini normal atau tidak? Baca lebih lanjut untuk mengetahui jawabannya

Menurut pendapat dari National Sleep Foundation, 67 persen wanita yang mengalami menstruasi merasakan perubahan suasana hati dan merasa kacau selama dua sampai tiga hari dalam siklus menstruasi.

Selain itu mereka juga mengalami sulit tidur dan kualitas tidur yang mereka dapatkan juga tidak maksimal.

Jadikan tidur prioritas Anda

Margaret Moline, PhD, dari Weill Cornell Medical College di New York mengatakan, sebaiknya tidur digolongkan sebagai hal yang penting seperti diet, stres, olahraga bahkan merokok.

Sayangnya kita belum sadar bahwa tidur yang berkualitas sangatlah penting untuk kesehatan kita, apalagi dalam menghadapi siklus bulanan yang dialami oleh wanita.

Jika Anda jatuh tertidur dalam perjalanan di taksi atau mobil, itu berarti Anda tidak mendapatkan tidur sebanyak yang dibutuhkan tubuh Anda, tambah Dr Moline.

Buat jadwal untuk tidur

Atur jadwal yang sama untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Dengan begitu, badan akan terbiasa dengan jadwal tidur ini dan istirahat Anda tetap teratur. Bahkan pada saat mentruasi, badan Anda sudah terbiasa istirahat di jam tidur yang seharusnya.

Perhatikan hal-hal dasar

Ciptakan suasana kamar yang mendukung Anda untuk beristirahat. Atur tempat tidur senyaman mungkin dan matikan lampu agar Anda lebih mudah terlelap. Lalu, konsumsi juga teh hangat atau minuman herbal yang bisa menenangkan pikiran Anda.

Ketika merasa lapar, sebaiknya mengonsumsi makanan ringan

Wanita yang sedang menstruasi sering kali merasa lapar. Namun, mengonsumsi makanan berat mendekati waktu tidur bisa menyebabkan Anda terlalu kenyang dan mengalami kesulitan untuk memejamkan mata.

Kalau Anda merasa lapar di malam hari, sebaiknya konsumsi biskuit atau makanan ringan untuk memuaskan perasaan lapar.

Pikirkan hal-hal yang baik dan indah

Pikirkan hal-hal yang membuat Anda senang, seperti memikirkan liburan ke pantai atau pada saat Anda mendapat harga miring untuk sepatu yang sudah diidamkan berbulan-bulan.

Jangan mencoba memikirkan permasalahan yang sedang terjadi saat ini, hal ini hanya membuat Anda semakin pusing dan semakin sulit untuk terlelap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com