Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2016, 15:07 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Kulit merupakan bagian tubuh paling luar dan berfungsi untuk melindungi organ-organ dalam tubuh. Lalu, selain menjadi pelindung, kulit juga sering dianggap penting dalam menunjung penampilan wanita.

Oleh karena itu, tidak heran bila wanita berani mengeluarkan lebih banyak uang dan waktu demi merawat kulitnya.

Akan tetapi, setelah merawat kulit secara rutin, tentunya Anda juga harus tahu apakah kulit sudah sehat atau belum.

“Kulit yang sehat tentu adalah kulit yang tidak ada penyakit,” ucap Dr Tina Wardhani Wisesa, SpKK (K), FINSDV, FAADV, spesialis kulit dan kelamin, dalam acara The NIVEA Experience di Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Dia melanjutkan, untuk mengetahui kulit sehat atau tidak, Anda bisa mencoba melihatnya dari warna kulit. Sebab, kulit yang sehat memiliki warna kulit yang merata.

“Tidak peduli warna kulit apa pun, yang terpenting adalah warnanya rata,” ujarnya.

Selain itu, Dr Tina juga menjelaskan bahwa ada konsistensi yang dipengaruhi oleh kelembaban dan Anda dapat melihat konsistensi dari kulit yang lembab ini dari kelenturan kulit.

Untuk mengecek kelenturan ini, Anda tinggal memencet kulit dan menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk kembali seperti keadaan semula. Semakin lama waktu yang dibutuhkan kulit untuk kembali, maka tingkat kelenturan semakin berkurang.

Dalam melihat kelenturan kulit ini, Dr Tina juga menyarankan untuk melihat usia seseorang. Sebab, semakin bertambahnya usia, tentu kelenturan kulit pun akan berkurang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com