Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2016, 19:11 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Ketika terjadi masalah pada kulit, dermatolog telah menjadi tempat pertama yang dituju oleh wanita. Namun, perawatan kulit tidak hanya terjadi di ruang dermatolog saja, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Simak lima hal yang ingin dikatakan oleh dermatolog Anda.

1. Konsistensi

Banyak wanita yang tidak sabar atau lupa ketika menggunakan perawatan kulit. Produk yang seharusnya dikenakan dua kali sehari malah hanya dikenakan sekali karena sibuk atau dihentikan setelah seminggu berlalu.

Debra Jaliman, seorang dermatolog di New York, mengatakan, jika menggunakan produk baru,  Anda harus menggunakannya secara rutin selama sebulan untuk melihat hasilnya.

2. Jangan takut untuk mengubah rutinitas perawatan

Jika jerawat Anda saat remaja sembuh karena sebuah produk, bukan berarti Anda harus menggunakan produk tersebut di usia 30-an.

Dermatolog asal New York, Paul Jarrod Frank, mengatakan bahwa kulit selalu berubah-ubah dan perawatan kulit yang baik adalah yang terbuka terhadap perubahan.

“Kuncinya adalah mengenal kulit Anda sendiri dan tidak takut berubah,” ucapnya.

3. Mulailah perawatan anti penuaan dini secepat mungkin

Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati. Sama halnya dengan kulit, jangan tunggu sampai kerutan atau bintik-bintik hitam muncul untuk memulai perawatan anti penuaan dini.

Dermatolog Marnie Nussbaum berkata bahwa perawatan ini bisa dimulai di segala usia dengan rajin menggunakan pelembap dan tabir surya yang mengandung SPF30.

4. Penurunan berat badan yang drastis sebabkan kulit kendur

“Satu hal yang ingin aku katakan kepada semua wanita yang berusia di atas 40 adalah, jangan menurunkan berat badan terlalu cepat,” ucap Jessica Wu, seorang dermatolog yang berbasis di Los Angeles.

Dia melanjutkan, ketika masih muda, hal ini memang bukan masalah karena kulit wanita muda memiliki lebih banyak elastisitas. Akan tetapi, di usia 40, hal ini bisa menyebabkan bibir menipis dan kulit kendur.

5. Jangan lupa ke dokter gigi

Tidak banyak yang menyadari bahwa kesehatan gigi juga berpengaruh pada pencegahan keriput.

“Kesehatan gigi yang buruk bisa menyebabkan pengeroposan tulang di bagian rahang dan pipi yang menyokong kulit. Akibatnya, wajah terlihat lebih tua karena kulit yang keriput dan kendur,” tutur dermatolog Debbie Palmer.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com