Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2016, 15:02 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com -- Hidangan ikan merupakan salah satu menu kesukaan orang Indonesia. Hal ini tidak mengherankan karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan lautan sehingga ikan pun menjadi salah satu santapan utama.

Ikan juga bisa dimasak dengan berbagai macam cara, seperti halnya menjadi sup, digoreng, dipanggang atau dibakar, dan masih banyak lagi.

Nah, saat ikan tersebut dibuat menjadi sup, mungkin Anda seringkali kesulitan mengetahui apakah ikan tersebut sudah matang atau belum.

Maka dari itu, Chef Stefu pun memberikan jawabannya.

“Kalau Anda pegang tulangnya dan bisa dicabut keluar, itu berarti ikannya matang,” ungkapnya dalam acara Indonesian Cooking Class with Chef Stefu yang diadakan oleh Culinaria Modena di Modena Experience Center, Sabtu (12/11/2016).

Dia melanjutkan, jika Anda ingin mencabut tulang ikan namun tidak bisa keluar, itu tandanya ikan tersebut belum matang. Hal ini disebabkan karena daging ikan masih menempel pada tulangnya.

Selain itu, Chef Stefu juga menyebutkan bahwa rasa masakan akan terasa lebih gurih ketika ikan dimasak dengan tulang. Sebab, tulang mengandung sumsum yang membuat masakan menjadi lebih gurih.

Dia mencontohkan, seperti halnya di Papua, masyarakat di sana cenderung lebih menyukai makan ikan yang utuh karena mereka menyukai rasa ikan yang lebih alami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com