Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2016, 06:10 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Wanita yang suka memasak pasti mengetahui bahwa bumbu kering jauh lebih praktis dan awet daripada bumbu mentah yang masih belum diolah. Namun, tahukah Anda cara tepat untuk menyimpannya agar lebih maksimal?

Walaupun sudah dikeringkan sekalipun, seringkali bumbu yang ada di lemari dapur berjamur atau menggumpal. Bila hal ini terjadi, sudah pasti bumbu tersebut tidak bisa dipakai lagi dan harus segera dibuang.

Chef Kiky Ceria yang ditemui dalam Korean Cooking Class yang diadakan oleh Culinaria Modena di Modena Experience Center, Jakarta, Kamis (17/11/2016) memberikan beberapa nasihat mengenai cara menyimpan bumbu kering yang tepat.

Dia berkata bahwa bumbu kering yang sudah dibuka harus dimasukkan ke dalam kulkas.

“Kalau bumbu kering terkena udara luar, dia akan menggumpal. Lihat saja bawang putih bubuk, kalau sudah lama di luar, dia pasti menggumpal karena ada uap air yang masuk ke dalam kemasan. Tidak lama kemudian, bawang putih ini akan berjamur,” ucapnya.

Selain, bawang putih bubuk, cara penyimpanan ini juga harus digunakan untuk rempah-rempah seperti oregano, thyme, dan lain-lain.

Begitu bumbu kering sudah dibuka, maka Anda harus segera menyimpannya ke dalam kulkas, kecuali bila dipakai setiap hari. Dengan demikian, bumbu akan habis sebelum sempat berjamur.

“Namun, kalau pakainya arisan saja, buru-buru deh masukkan kulkas. Mahal itu harganya,” ujar Chef Kiky sambil tertawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com