Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Sentuhan Ibu dalam Tumbuh Kembang Anak

Kompas.com - 28/11/2016, 19:04 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Mengajari, mendidik, dan menemani anak dalam masa tumbuh kembangnya tentu bisa Anda lakukan dalam kegiatan sehari-hari, mulai dari mereka bangun tidur hingga malam saat mereka akan tidur.

Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI), menjelaskan apa saja yang harus dilakukan oleh sang ibu saat membangunkan anak.

"Bangunkan anak dari tidur mereka, kemudian hampiri dan belai anak di kepalanya, dikecup keningnya, terus bisa membangunkannya sambil diusap," ucapnya dalam acara kampanye Nivea #PSILOVEMAMA di Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Dia menjelaskan, begitu juga saat anak sarapan, berikan usapan kepada mereka.

Sebab, usapan tersebut dapat memberikan stimulasi sensoris. "Itu kan kalau kita usap akan ada stimulasi yang masuk dan bikin anak lebih aktif," ujarnya.

Maka dari itu, sebaiknya orangtua, terutama ibu, rajin memberikan sentuhan-sentuhan pada anak sebelum mereka berkegiatan sehari-hari. Hal ini juga membuat anak merasakan kasih sayang yang disalurkan melalui sentuhan orangtua.

Selain usapan, Anda juga dapat melakukan pelukan dan kontak fisik lainnya. Sebab, hal-hal seperti ini memberikan banyak manfaat untuk anak-anak terutama dalam masa tumbuh kembang mereka.

Dengan demikian, anak-anak merasa diperhatikan dan juga merasa memiliki dunia yang sempurna saat orangtua dan orang-orang disekitar memperhatikan dan mendukung mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com