Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Resolusi Tahun Baru untuk Hubungan yang Lebih Harmonis

Kompas.com - 04/12/2016, 20:37 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com -- Resolusi tahun baru tidak selalu hanya untuk diri Anda saja. Mencoba resolusi dengan orangtua atau pasangan juga dapat membantu hubungan menjadi lebih erat.

Coba beberapa resolusi di bawah ini agar Anda menjadi lebih dekat dengan pasangan atau keluarga.

Jauhkan gadget Anda

Ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama pasangan Anda? Jauhkan gadget Anda.

Cherie Burbach, penulis buku Art and Faith: Mixed Media Art With a Faith-Filled Message mengatakan, bagi beberapa pasangan, menjauhkan diri dari gadget sangat sulit untuk dilakukan, tetapi begitu berhasil dilakukan, Anda dan pasangan akan memiliki lebih banyak waktu yang berkualitas.

Saat berada jauh dari gadget, Anda juga akan bisa lebih fokus mendengarkan dan memperhatikan ekspresi pasangan.

Rencanakan akhir pekan yang romantis

Sebuah keintiman dengan pasangan bisa menghilang bersamaan dengan kesibukan sehari-hari, tetapi sangat penting untuk tiap pasangan memiliki hubungan seks yang memuaskan. Anda bisa coba menyewa pengasuh atau menitipkan anak kepada orangtua di akhir pekan.

“Akhir pekan biasanya berlalu begitu saja kalau Anda tidak merencanakan apa-apa. Anda harus merencanakan akhir pekan yang intim agar hubungan menjadi lebih harmonis,” ujar April Masini, seorang pakar hubungan dan etika di New York.

Banyak mengucapkan terima kasih

Anda harus merasa bersyukur dan menghargai apa yang sudah pasangan lakukan untuk Anda.

“Sangat aneh, tetapi kadang lebih mudah untuk mengatakan terima kasih kepada orang asing ketimbang pada pasangan sendiri,” kata Andrea Syrtash, penulis buku He's Just Not Your Type (And That's a Good Thing).

Jangan meremehkan kekuatan dari bersyukur dan menghargai perbuatan pasangan, ini adalah kunci keharmonisan hubungan pernikahan Anda, tambah Syrtash.

Masini juga berpendapat bahwa bersyukur adalah tindakan yang menular. Ketika Anda melakukannya, hal ini akan menular juga pada pasangan dan si dia akan melakukan hal yang sama serta menjadi lebih menghargai Anda. Dengan begitu, hubungan juga semakin harmonis dan intim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com