Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Sahabat Menyebalkan? Begini Cara Menghadapinya

Kompas.com - 06/12/2016, 11:06 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com -- Sahabat bisa jadi orang yang cukup penting dalam kehidupan dan Anda akan rela melakukan apa saja untuk membantu sahabat ketika dia sedang berada dalam masalah.

Namun, bagaimana kalau dia memiliki anak yang kelewat nakal dan menyebalkan?

Terlepas dari betapa Anda menyayangi anak sahabat, terkadang mendengar rengekan dan juga teriakan anaknya akan terasa sangat mengganggu dan bisa merusak waktu berkualitas Anda dengan sahabat.

Kalau Anda sering berada dalam situasi in, dan bertanya-tanya bagaimana cara mengatakan hal yang pantas ke sahabat, simak beberapa cara dibawah untuk menghadapinya:

Tidak ada anak yang sempurna

Rasanya mustahil berada di dekat anak kecil tanpa merasa seperti berada di zona perang.

Dr Sarthak Kumar, seorang psikolog anak, mengatakan, sampai usia delapan tahun, anak-anak sangat aktif dan tidak tahu cara yang tepat untuk meyalurkan energi mereka.

Mereka seringkali membuat keributan sampai melempar barang, kecuali mereka memiliki orangtua yang sangat keras dan tegas untuk memberitahu perilaku yang sewajarnya untuk mereka.

Sebagai pihak luar, Anda tidak bisa berbuat banyak selain mencoba menerima keadaan ini.

Jangan pernah memarahi anak sahabat

Walaupun Anda sangat dekat sahabat, tetapi Anda harus berhati-hati ketika menyangkut hal ini.

Seorang konselor keluarga Neha Khanna mengatakan, jangan pernah memarahi atau membentak anak kecil yang bukan anak Anda. Katakan saja ke anak tersebut bahwa Anda akan mengadukan kenakalannya ke orangtuanya.

Perlakukan anak kecil seperti orang dewasa

Mungkin Anda takut dianggap sebagai orang yang tidak ramah dengan anak kecil, tetapi ada hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari permasalahan ini.

Perlakukan mereka seperti orang dewasa, bicara pada mereka seolah-olah Anda sebaya dengan anak tersebut. Jangan menggunakan bahasa bayi dan mulailah berbicara secara dewasa agar mereka mengerti apa yang sebaiknya dilakukan.

Cari tahu apa kesukaannya

Kalau Anda ingin memiliki hubungan yang baik dengan anak sahabat, salah satu cara terbaik adalah mengetahui hal apa yang disukainya.

Kalau anak sahabat menyukai film kartun, pasangkan film kartun tersebut di ponsel Anda agar dia bisa fokus dan tidak mengganggu waktu bersama sahabat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com