Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedakan Perilaku Pasangan, Sayang atau Kekerasan?

Kompas.com - 09/12/2016, 19:34 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Mungkin Anda pernah memiliki kekasih yang memiliki sifat posesif. Sifat pasangan yang seperti ini pun membuat Anda semakin tidak bebas untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. 

Menurut psikolog Igaa Jackie Viemilewati, M.A., M.Psi., Psikolog, pesan yang diberikan oleh pasangan yang posesif dan kasar ini, tidak jelas antara sayang atau bentuk dominasi. 

“Bentuk kekerasan itu tidak hanya kekerasan fisik, tetapi bentuk dominasi atau pengekangan itu termasuk kekerasan psikologis,” ujarnya kepada Kompas.com saat ditemui usai Seminar Publik: Akuntabilitas Pelibatan Laki-laki dalam Pencegahan Kekerasan Berbasis Gender di Jakarta, Senin (5/12/2016).

Kekerasan psikologis, Jackie menjelaskan, di antaranya seperti mengekang, mengontrol, dan mendominasi pasangan. 

Saat Anda merasakan hal seperti ini, Jackie menyarankan untuk menceritakan apa yang dilakukan pasangan kepada orang yang dapat dipercaya.

Sikap ini merupakan langkah awal untuk keluar dari permasalah tersebut.

Kemudian, ketika pasangan melakukan pengekangan berulang kali walaupun telah Anda peringatkan, Jackie menyarankan untuk segara mengakhiri hubungan dan memahami bentuk-bentuk dominasi antara yang sehat dengan yang tidak sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com