Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sentuhan Orangtua Pengaruhi Rasa Kasih Anak Terhadap Sesama

Kompas.com - 18/12/2016, 10:00 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com – Menggendong, menimang, memeluk, dan mencium bayi memiliki manfaat lebih dari mengekspresikan rasa sayang orangtua pada anak.

Manfaat tersebut berkaitan dengan kemampuan anak dalam berempati dan mengasih sesamanya hingga mereka tumbuh dewasa.

Berdasarkan laporan dari The Family Groove, rasa sayang dan kemampuan menyayangi orang lain pada setiap manusia sangat dipengaruhi oleh sentuhan penuh kasih yang mereka dapatkan semenjak kecil dari orangtua.

Sentuhan penuh sayang orangtua pada bayi, menurut hasil laporan tersebut di atas, menciptakan hormon bahagia. Jadi, bayi yang telah merasakan dan mengenal hormon tersebut semenjak kecil, maka mereka punya rasa kemanusiaan dan kepedulian tinggi ketika berusia dewasa.

Selain itu, sentuhan sayang pada bayi juga meningkatkan kemampuan intelegensia dan motorik anak. Lalu, temperatur tubuh bayi pun cenderung hangat dan stabil sehingga membuat tubuh mereka berkembang sehat.

Terakhir, bayi yang selalu mendapatkan ekspresi sayang lewat sentuhan orangtua, ditemukan jarang menangis dan memiliki kepekaan tinggi terhadap etika sosial di lingkungan sekitar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com