Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Ingin Lebih Cantik? Hapus Akun Facebook Anda

Kompas.com - 20/12/2016, 20:02 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana

Penulis

KOMPAS.com – Media sosial merupakan sumber komunikasi dan informasi yang bertujuan untuk menjalin hubungan kembali dengan teman lama atau saudara jauh yang jarang Anda temui.

Seiring waktu, fungsi media sosial mengalami pergeseran yaitu menjadi sumber dan wadah ekspresi si pemilik akun tanpa memikirkan perasaan orang lain yang masuk dalam lingkup pertemanannya.

Sebuah survei yang digagas oleh University of Essex terhadap 3.500 anak-anak usia 10 hingga 15 tahun mengungkapkan efek negatif dari media sosial.

Ternyata,  setengah dari responden yang menghabiskan waktu main media sosial, Facebook, lebih dari tiga jam dalam sehari merasa diri tidak cantik dan tampan.

Sebaliknya, lebih dari 82 persen responden yang tidak bermain media sosial atau memainkannya kurang dari tiga jam sehari mengatakan bahwa mereka sangat percaya diri dengan penampilan masing-masing.

Survei juga menemukan bahwa kebanyakan para pengguna Twitter mengaku, tidak bahagia dalam hubungan pertemanan mereka.

Ternyata, sekurang-kurangnya 20 persen dari mereka pernah memiliki pengalaman dicela dan diolok-olok di Twitter.

Terakhir, efek yang paling buruk adalah anak yang terlalu sering bermain media sosial mudah bertengkar dan memberikan perangai buruk kepada orangtua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com