Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2017, 11:36 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Berbicara mengenai kulit, musuh utama dari para wanita adalah proses penuaan. Sebab, proses penuaan membuat kulit menjadi tidak kencang dan keriput.

Seorang dermatolog, Dr Kardiana Purnama Dewi, mengatakan bahwa proses penuaan ini terjadi secara alami tanpa bisa dihambat.

“Walaupun tidak bisa dihambat, tetapi kita bisa mencoba memperlambat proses penuaan pada kulit. Itulah sebabnya kita harus tetap menjaga kondisi prima,” ujar Dr Dewi di Jakarta, Selasa (10/1/2017).

Dia lalu menjelaskan, selain terjadi karena alamiah, proses penuaan juga disebabkan oleh gaya hidup seseorang dan kondisi lingkungannya, seperti terekspos sinar matahari dan polusi, merokok, mengonsumsi alkohol, stres, hingga gravitasi.

Nah, karena waktu tidak bisa diputar kembali, Dr Dewi pun menyarankan kepada para wanita untuk bersahabat dengan penuaan. Caranya adalah dengan memperlambat proses penuaan itu sendiri.

Anda pun dapat mencegah beberapa penyebab penuaan tersebut dengan cara yang mudah.

“Gunakan pelindung pada kulit agar tidak terpapar sinar matahari, biasakan gaya hidup yang baik, rajin berolahraga, kurangi makanan junk food, dan kurangi merokok juga konsumsi alkohol,” urainya.

Kemudian, proses penuaan ini juga bisa diperlambat dengan bantuan penggunaan krim atau produk perawatan yang baik, seperti rangkaian Luminesce dari Jeunesse yang membantu mengurangi kerutan, mencerahkan wajah, juga mengembalikan vitalitas kulit.

Anggita Muslimah Produk asal Amerika, Jeunesse, yang dapat membantu perlambat proses penuaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com