Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Rencana Minta Naik Gaji? Lakukan pada Bulan Januari

Kompas.com - 16/01/2017, 07:00 WIB
Kontributor Lifestyle, Rakhma

Penulis

Sumber time.com

KOMPAS.com — Tahun baru gaji baru, kenapa tidak? Para pakar mengatakan bahwa waktu paling tepat untuk meminta kenaikan gaji pada atasan dan perusahaan adalah pada bulan Januari.

Berdasarkan data dari LinkedIn, bulan Januari merupakan waktu perusahaan melakukan aktivitas dan pemetaan karyawan untuk promosi jabatan.

Jadi, apabila Anda telah menjadi andalan si bos, maka bulan Januari bisa menjadi momen yang tepat untuk peningkatan jabatan dan penghasilan.  

“Siklus evaluasi kerja yang dilakukan pada akhir tahun menghasilkan informasi mengenai potensi karyawan. Jadi, apabila Anda mendapatkan nilai yang bagus, maka bulan Januari merupakan waktu yang tepat untuk meminta kenaikan gaji,” jelas Lydia Frank, seorang wakil presiden pada PayScale.com.

Menurut Todd Dewett, seorang konsultan karier, perusahaan berada dalam suasana inspiratif dan penuh percaya diri dalam menghadapi persaingan bisnis.

Jadi, apabila Anda memang memiliki pencapaian kerja yang cemerlang dan melampaui target, maka Anda mempunyai “amunisi” untuk bernegosiasi ulang dengan perusahaan mengenai kompensasi serta bonus.

“Karyawan yang memang percaya diri berdasarkan data pencapaian pasti akan meminta kenaikan kompensasi, terutama jika mereka memang punya kekuatan potensi,” jelas Dewet.

Scott Dobroski, seorang ahli analisis tren pasar dari Glassdoor, mengatakan bahwa karyawan yang punya kinerja baik, mencapai target, dan berpotensi memberikan keuntungan, segeralah bertindak untuk meminta pengembangan kesejahteraan pada bulan Januari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber time.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com