Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2017, 15:04 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Orangtua memiliki peranan penting untuk tumbuh kembang anak-anaknya. Maka dari itu, orangtua harus memerhatikan apa pun yang mereka lakukan untuk buah hati. Sebab, apa yang dilakukan orangtua memiliki dampak yang besar untuk anak. 

Menurut seorang psikolog dan pemerhati anak, Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto, orangtua harus bisa memerankan dirinya sebagai sahabat untuk anak mereka.

"Sebagai orangtua, jadilah sahabat buat putra-putri kita, bukan bos dan komandan yang bisa instruksi dan perintah saja," jelas Kak Seto saat ditemui usai diskusi parenting dalam acara mencari amang di Sekolah Dolanan Jakarta, Minggu (15/1/2017).

Dia melanjutkan, orangtua harus bisa mendengarkan dan berdiskusi dengan anak-anak. Selain itu, juga selalu mengajak anak agar terlibat dalam segala kegiatan keluarga.

Cara-cara seperti ini harus dilakukan orangtua sejak dini. Sebab, berpartisipasi juga merupakan salah satu hak dasar anak. Kak Seto menyebutnya "hak dilibatkan" seperti halnya dalam rapat keluarga.

Ketika orangtua telah melibatkan anak, menurut Kak Seto, hal ini juga memberikan dampak yang lebih baik untuk mereka.

Anak-anak menjadi terbiasa bekerjasama dengan orangtua dan mau untuk bergotong-royong, serta bahu-membahu, bersama keluarga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com