Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2017, 20:07 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Orangtua saat ini sering lupa bahwa masih ada banyak cara pengasuhan yang dapat dilakukan untuk mendukung pertumbuhan anak selain melalui materi dan gadget.

Gadget bisa saja memberikan banyak informasi dan pengetahuan untuk anak-anak.

Namun, seorang psikolog dan pemerhati anak, Seto Mulyadi atau yang akrab dipanggil Kak Seto, menekankan bahwa sesuatu yang dilakukan dengan tidak seimbang juga memiliki dampak yang kurang baik.  

Kemudian, Kak Seto juga ingin mengingatkan orangtua untuk berdongeng. Mungkin hal ini terdengar kuno, tetapi dia menyebut metode ini sebagai pengasuhan yang efektif.

“Berdongeng untuk anak sangat penting karena dapat merangsang kecerdasan dan kreativitas mereka,” jelas Kak Seto saat ditemui usai diskusi parenting dalam acara mencari amang di Sekolah Dolanan Jakarta, Minggu (15/1/2017).

Dia melanjutkan, mendongeng dapat bermanfaat untuk kecerdasan dan kemampuan komunikasi anak-anak. Sebab, mendongeng melibatkan anak-anak untuk melakukan kegiatan tanya jawab.

Selain itu, mendongeng juga memicu kecerdasan anak dalam berpikir untuk mendapatkan sebuah jawaban yang nantinya akan bermanfaat untuk proses pembelajaran formal.

“Anak jadi dapat melatih kreativitas, melatih dialog, dan kekuatan komunikasi yang sangat ampuh untuk menyamakan persepsi,” ucapnya.

Ketika orangtua membiasakan untuk mendongeng pada anak, hal ini juga membantu anak bergabung dalam rapat keluarga karena sudah terlatih untuk berdiskusi dan melakukan dialog.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com