Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Tertipu, Ini Cara Bedakan Batik Tulis Asli

Kompas.com - 18/01/2017, 10:35 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Melihat dan membedakan batik tulis asli secara kasat mata mungkin merupakan tugas yang sulit bagi mata awam. Pasalnya, motif batik, baik yang ditulis asli, dicap, maupun menggunakan teknik printing, bisa saja terlihat serupa.

Namun, ternyata setiap teknik memiliki ciri khasnya masing-masing yang dapat dengan mudah diketahui.

“Anda semua harus tahu tentang batik asli dengan batik yang setengah asli karena terlihat perbedaannya,” ujar Tina Andrean, seorang perancang busana Indonesia dalam acara peragaan busana koleksi terbaru dari label Heritage Culture di Jakarta, Senin (16/1/2017).

Dia melanjutkan, Anda bisa melihatnya dari kedua sisi batik tersebut. Jika batik tersebut dikatakan batik asli maka kedua sisinya akan sama.

“Sebab, mereka mengerjakannya dua kali, jadi luar dan dalam harus sama. Ini baru dinamakan batik asli karena melalui proses yang panjang,” tambah Tina.

Sementara itu, ada pula yang disebut dengan batik setengah-setengah. Biasanya batik tersebut dibuat dengan cap yang dikombinasikan dengan batik tulis.

Namun, adapula yang menggunakan teknik printing. Hal ini jelas sekali tidak akan nyata pada kedua sisi, hanya satu sisi saja, kata Tina.

Kemudian, Tina juga menekankan bahwa batik asli biasanya akan memiliki motif yang mengalir sehingga tampak lebih indah.

Untuk itu, penting sekali bagi orang Indonesia untuk mengetahui dengan pasti mana yang batik tulis asli dengan pengerjaan lainnya.

“Hal ini harus diketahui, batik ada kadar dan kualitasnya. Semakin tahu batik, tentu orang akan semakin menghargai batik itu sendiri,” jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com