Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kak Seto: Ajarkan Anak untuk Jadi Dirinya Sendiri

Kompas.com - 18/01/2017, 11:35 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com – Setiap anak yang lahir tentu memiliki karakter yang berbeda-beda dan dari karakter yang berbeda-beda ini, tentu akan tumbuh minat dan bakat yang berbeda-beda juga.

Oleh karena itu, orangtua wajib memahami betul perannya dan tidak memaksakan keinginannya pada anak-anak.

Seorang psikolog dan pemerhati anak, Seto Mulyadi atau yang sering disapa dengan Kak Seto, ingin mengingatkan orangtua untuk tidak memaksakan minat anak.

Hingga kini, masih banyak orangtua yang ingin anaknya berkembang menjadi lebih baik, tetapi diarahkan sesuai dengan keinginan orangtuanya, bukan keinginan anak. Hal ini sangatlah memprihatinkan.

“Jadi, orangtua harus selalu menumbuhkan anak-anak untuk menjadi dirinya sendiri,” ucap Kak Seto saat ditemui seusai diskusi parenting dalam acara mencari amang di Sekolah Dolanan Jakarta, Minggu (15/1/2017).

Setelah membiarkan anak menjadi diri sendiri, tugas orangtua yang terpenting berikutnya adalah bagaimana anak bisa menjadi apa pun yang mereka inginkan sehingga lebih bahagia.

Intinya, biarkan anak-anak mengetahui porsi mereka dalam menentukan dan menemukan minat juga bakatnya. Sebagai orangtua, yang perlu Anda lakukan adalah memberikan dukungan penuh untuk anak-anak dalam memenuhi minat dan bakat mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com