Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2017, 15:04 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Dalam mendidik dan membesarkan anak, tentu kerjasama yang baik antara kedua orangtua sangatlah dibutuhkan. Tidak hanya ibu, tetapi ayah pun dituntut untuk menjalankan peranannya.

Seorang pendidik dan pendiri Keluarga Kita, Najelaa Shihab, berkata bahwa hingga kini, masih banyak sekali ayah yang kurang dilibatkan oleh ibu dalam pengasuhan anak.

“Padahal banyak sekali (kegiatan) yang sebetulnya bisa melibatkan ayah, kuncinya justru di peran ibunya,” ujar Najelaa dalam diskusi parenting dalam acara mencari amang di Sekolah Dolanan Jakarta, Minggu (15/1/2017).

Dia melanjutkan, tidak memberikan kesempatan bisa terjadi karena berbagai hal, tetapi yang paling sering adalah ibu-ibu memang tidak mengajarkan atau mengajak ayah untuk cukup terlibat.

Biasanya ibu yang seperti ini juga khawatir jika apa yang dilakukan ayah tidak sesuai dengan keinginannya sehingga lebih suka melakukan segalanya sendiri.

“Kita sebenarnya nggak kasih kesempatan. Padahal, ayah itu nggak dapat proses belajarnya yang berbeda dengan ibu,” ucapnya.

Seorang Ibu, dari kecil sudah diperkenalkan dan belajar bermain boneka seperti menyuapi. Sebaliknya, ayah biasanya tidak memiliki persiapan untuk jadi ayah yang sebenarnya, yang tidak hanya bekerja dan mencari uang.

Begitu mereka menjadi ayah, ternyata sang istri juga tidak memberikan kesempatan belajar.

“Kalau nggak dapat kesempatan belajar, dari mana sang ayah dapat menjadi ayah yang baik,” tambahnya.

Untuk itu, Najelaa menyarankan para istri untuk bisa memberikan kesempatan kepada suaminya dan mengajak mereka terlibat dalam membesarkan, mendidik, dan pengasuhan anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com