Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Cantik Tetap Pakai Tabir Surya di Dalam Rumah

Kompas.com - 08/02/2017, 06:46 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Salah satu langkah perawatan kecantikan yang paling esensial adalah pemakaian tabir surya untuk melawan efek buruk sinar ultraviolet.

Namun, wanita seringkali salah mengira bahwa tabir surya tidak perlu dikenakan jika tidak keluar rumah.

Seorang dermatolog, dr Keni Istasaputri, Mkes SpKK, menekankan kepada semua wanita Indonesia untuk memakai tabir surya saat berada di dalam rumah sekalipun.

“Sinar gadget dan sinar matahari itu sama-sama ultraviolet. Malah jumlahnya (dari gadget) langsung banyak yang menempel ke muka kita,” ujarnya dalam acara peluncuran kampanye Marina 123glow di Correlate, Jakarta, Sabtu (4/2/2017)

Untuk menangkal sinar ultraviolet sehari-hari, dr Keni menyarankan untuk mengenakan setidaknya SPF 15 hingga 20.

“Ini pertengahan, dia optimal melindungi. Berbeda dengan kalau kita pergi ke pantai yang mataharinya lebih terik, itu butuh SPF yang lebih tinggi juga,” katanya.

Namun, Anda juga harus berhati-hati saat mengenakan tabir surya dengan SPF yang tinggi. Sebab, SPF yang terlalu tinggi dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

“Kalau kulitnya berminyak, saya sarankan jangan lebih dari 30,” tambah dokter Keni.

Gunakan tabir surya dengan kadar SPF yang sesuai dengan aktivitas Anda sehari-hari. Lalu, pastikan juga agar Anda menggunakan setidaknya satu ruas jari untuk permukaan wajah secara merata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com