Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Perawatan Wajah dengan Bahan-bahan Rumahan?

Kompas.com - 18/02/2017, 10:35 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Menghadapi akhir pekan, biasanya wanita Indonesia sangat senang untuk memanjakan diri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada untuk melakukan perawatan sendiri.

Lantas, apakah perawatan dari bahan alami yang Anda temukan di kulkas ini benar-benar diperbolehkan oleh dermatolog?

Hal ini pun dijawab oleh dr Eddy Karta SpKK yang berkata bahwa bahan alami dapat digunakan apabila tidak menimbulkan efek samping pada penggunanya.

“Sebenarnya bisa-bisa saja karena produk yang sudah diproduksi ini juga pada dasarnya dari bahan alami lalu diolah,” ujar dr Eddy saat diwawancarai usai acara Pond’s Age Miracle Non-Stop Beauty di Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Akan tetapi, dia melanjutkan, bahan alami yang digunakan untuk perawatan sendiri pun harus benar-benar diperhatikan. Sebab, tidak semua orang cocok ketika menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan.

“Kalau orang yang punya kulit sensitif pakai masker tomat, pepaya, dan getah, bisa saja (terjadi) gatal,” ucapnya.

Akan tetapi, Anda harus ingat bahwa semua produk perawatan wajah yang alami membutuhkan percobaan. Jika perawatan alami tersebut tidak menyebabkan gatal atau reaksi buruk lainnya, silakan melanjutkannya dengan tenang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com