Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Biarkan Bekas Jerawat Terpapar Sinar Matahari

Kompas.com - 18/02/2017, 14:04 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Cara-cara menghilangkan jerawat mungkin telah banyak diketahui oleh wanita Indonesia, tetapi tidak demikian dengan bekas luka yang ditinggalkannya. Masih banyak wanita yang bingung mengenai cara untuk menyembuhkannya.

Menurut seorang dermatolog, dr Eddy Karta SpKK, bekas luka dari jerawat sebenarnya sama dengan noda hitam akibat matahari. Oleh karena itu, bekas luka harus dilindungi dari paparan sinar matahari.

“Noda hitam akibat matahari itu sama seperti bekas luka, kalau kita lindungi dengan tabir surya secara terus menerus, pelan-pelan dia akan memudar,” ujarnya saat diwawancarai usai acara Pond’s Age Miracle Non-Stop Beauty di Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Namun, dengan catatan bahwa bekas luka tersebut tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari.

Sebab, jika terlalu sering terpapar sinar matahari, hormon melanin akan diproduksi lebih banyak dan bagian bekas luka akan menghitam kembali.

Dokter Eddy berkata, karena yang daerah lebih hitam akan cenderung semakin hitam, maka bekas luka jangan sering terkena matahari. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com