Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2017, 19:03 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber bustle.com

KOMPAS.com -- Frenemy, inilah bahasa Inggris untuk teman yang ternyata musuh dalam selimut. Menggabungkan kata friend untuk teman dan enemy untuk musuh, frenemy adalah orang-orang yang menusuk Anda dari belakang.

Jika jeli, Anda akan bisa menemukan mereka setidaknya sekali seumur hidup di kantor, di sekolah, atau bahkan di lingkungan rumah.

Berikut adalah lima tanda frenemy yang harus Anda perhatikan:

1. Mereka menggosipkan Anda

Pakar hubungan Audrey Hope berkata bahwa tanda utama seseorang yang frenemy adalah bersikap baik di hadapan Anda, tetapi ternyata bergosip dan menjelek-jelekkan Anda di belakang.

2. Mereka tidak suka dengan pencapaian Anda

Seorang teman sejati akan senang dan bangga dengan pencapaian Anda.

Namun, pakar hubungan Tiya Cunningham-Sumter berkata bahwa seorang frenemy tidak akan datang dalam acara yang merayakan keberhasilan Anda atau setidaknya, tampak tidak tulus saat menyalami.

3. Mereka selalu negatif

Cunningham-Sumter menambahkan, jika dia selalu bisa menunjuk pada kesalahan Anda, kemungkinan besar dia adalah frenemy yang sedang menunggu Anda untuk gagal.

4. Mereka pasif-agresif

Berbeda dengan bully pada umumnya, frenemy menggunakan taktik pasif-agresif untuk membuat Anda merasa buruk.

Pelatih kehidupan Kali Roach memberikan beberapa contoh, yaitu menyindir Anda di hadapan publik, menertawakan kegagalan Anda, atau bercanda terlalu jauh yang merugikan Anda.

5. Dia membuat Anda merasa seperti aksesori

Apakah dia mengajak Anda ke sebuah pesta lalu mentelantarkan begitu saja untuk bermain dengan orang lain? Pakar etika Sharon Schweitzer berkata bahwa kemungkinan besar orang tersebut adalah frenemy.

Sebab, seorang frenemy hanya akan memedulikan dirinya sendiri dan berani mengambil keuntungan dari orang lain yang dijadikan targetnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber bustle.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com