Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Ganti Lensa Kontak Anda jika Sudah Tidak Nyaman

Kompas.com - 23/02/2017, 17:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Lebih dari sekadar alat bantu pengelihatan, lensa kontak telah menjadi pelengkap penampilan wanita agar lebih percaya diri. Bahkan, tidak jarang wanita yang terbiasa mengenakan lensa kontak menolak keluar rumah tanpanya.

Akan tetapi, ada satu hal yang paling sering dikeluhkan saat mengenakan lensa kontak sepanjang hari, yaitu rasa tidak nyaman seperti mata yang perih hingga pusing akibat lensa kontak.

Rasa tidak nyaman ini sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai hal. Cheni Lee, Professional Affairs Manager Acuvue Indonesia, menyebutkan salah satunya.

“Kalau pakai lensa kontak di mata, maka lensa kontak akan menyerap segala sesuatu atau kotoran yang ada di mata, sehingga bisa saja kotoran mengendap,” ujarnya dalam peluncuran lensa kontak terbaru dari Acuvue di Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Apabila Anda sudah merasa tidak nyaman, tetapi memaksakan untuk tetap memakainya, maka akan ada banyak kemungkinan buruk yang terjadi.

Beberapa di antaranya adalah mata memerah, iritasi, pembengkakkan pada kornea, dan bintik kecil pada kelopak.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, Cheni menyarankan untuk merawat lensa kontak, terutama yang jangka waktunya bulanan, untuk selalu dijaga kebersihannya.

Namun, jika sudah terasa tidak nyaman, Anda harus segera melepasnya dan menggantinya dengan yang baru walaupun jangka waktunya belum habis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com