Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2017, 17:04 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber elle.com

KOMPAS.com -- Kondisioner mungkin adalah salah satu produk perawatan rambut yang paling disepelekan. Banyak wanita yang beranggapan bahwa kondisioner tidak diperlukan bila rambut mereka sehat dan hanya membuat rambut terlihat lebih berminyak.

Anggapan ini tampak dalam sebuah studi oleh TNS yang berjudul Pengalaman dan Kebiasaan Rambut Amerika Serikat.

Dalam studi tersebut, ditemukan bahwa sebanyak 31 persen wanita AS tidak pernah menggunakan kondisioner karena memberatkan rambut mereka dan membuat lepek.

Angka ini mungkin akan jauh lebih tinggi di Indonesia karena iklim yang tropis dan cuaca yang lebih hangat.

Namun, ternyata anggapan tersebut salah. Sebab, tanpa menggunakan kondisioner, rambut yang telah terbuka kutikulanya akibat pemakaian sampo akan terekspos pada agresi-agresi lingkungan.

Dengan formulasi yang tepat, kondisioner bahkan dapat memperkuat dan memperindah rambut.

Diane Minar, Senior Scientist di Unilever Research dan Development menjelaskan kepada Elle.com,  rambut beraliran negatif, jadi kita menformulasikan kondisioner agar beraliran positif. Karena aliran yang berlawanan menarik satu sama lain, kondisioner bisa menempel pada rambut.

Dia lalu menambahkan, semakin rusak rambut Anda, semakin tinggi aliran negatifnya, jadi semakin banyak kondisioner yang menempel.

Dengan demikian, kondisioner akan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda agar rambut tidak terasa kelewat berminyak.

Namun, bila rambut masih terasa lepek setelah menggunakan kondisioner, ada kemungkinan bila Anda salah mengaplikasikan atau memilih jenis kondisioner.

Ingat, aplikasikan kondisioner dari bagian tengah hingga ujung rambut saja. Lalu, bilas hingga bersih. Untuk jenis kondisioner, sesuaikan dengan kondisi rambut Anda pada hari tersebut.

Dove memiliki lima kondisioner untuk lima kebutuhan.

Dove Total Damage Treatment misalnya, diformulasikan untuk rambut yang kering, kusam, kasar dan bercabang. Sementara itu, Dove Volume Nourishment Conditioner memberikan volume ekstra pada rambut yang tipis dan berminyak agar tidak terlihat lepek.

Dove Total Damage Treatment Conditioner (kiri) dan Dove Volume Nourishment Conditioner (kanan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com