Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2017, 17:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Salah satu pertimbangan wanita saat membeli perhiasan adalah sebagai investasi atau simpanan masa depan. Emas dan berlian adalah pilihan yang paling populer, tetapi bagaimana dengan mutiara?

Nuniek Anurningsih, Pengawas Yayasan Mutiara Laut Indonesia, menjawab pertanyaan ini dalam acara Kilau Mutiara dan Pesona Biota Laut Indonesia di Alun-alun Grand Indonesia Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Dia berkata bahwa perhiasan mutiara belum bisa disamakan dengan emas.

“Industri ini (perhiasan mutiara) masih muda, jadi belum bisa disamakan dengan emas yang bagus untuk investasi,” ujarnya.

Dia melanjutkan, hal ini pun karena emas sudah menempati posisi nomor satu dan menjadi standar di seluruh dunia

Sama halnya seperti berlian, Nuniek mengakui bahwa mutiara dan berlian cukup mudah untuk ditemukan di pasaran dan dibeli. Namun, menjualnya tidak semudah membelinya.

Walaupun demikian, Nuniek tidak menutup kemungkinan bahwa mutiara bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada saat dibeli.

“Jadi kalau dibilang untuk investasi, mutiara yang saya beli 12 tahun yang lalu dengan harga 100 dollar sekrang sudah 1000 dollar,” ucapnya.

Pada intinya, mutiara bisa dijadikan investasi, tetapi tidak sedinamis perkembangan perhiasan emas. Sebab, industri mutiara sendiri di Indonesia masih sangat muda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com